Thursday 3 December 2009

Versus SMA Bhayangkari A

Bismillah

Para pembaca situs Kemponan.Com yang saya hormati
Ada beragam cara pemain dalam memandang tim tempat dia bermain. Ada yang tak peduli dan mencari-cari pembenaran atas alasan ketidakhadiran, ada yang walau hanya cedera yang tak seberapa tapi tetap tak memberi support dari pinggir lapangan, ada yang (mungkin) karena sudah dianggap pemain nomer 1 jadi malas bertanding, dan tak sedikit yang menganggap sebuah tim futsal tempatnya bermain hanyalah kumpulan orang-orang dungu yang menghabiskan waktu untuk sesuatu yang tak penting.

Penggemar Kemponan FC yang saya hormati
Orang-orang model di atas, tentu tak paham esensi kekompakan, persamaan visi, keakraban antar teman, serta gabungan hati dan pikiran yang senada. Sebuah tim futsal bukan sekadar ajang untuk berlari-lari ke sana kemari tak jelas. Futsal adalah kerjasama. Futsal adalah disiplin, belajar memahami sifat manusia, meregang nyali bersama, memompa adrenalin hingga ke ubun-ubun, memupuk rasa percaya diri, dan kadang sampai memaksa diri untuk melebihi batas kemampuan manusia biasa. Futsal bukan sepakbola anak-anak, setuju?

Kita tinggalkan sementara orang-orang yang angkuh pada tim ini, dan beralih pandangan ke sembilan orang berani pada sore kemarin. Tak berlebihan kalau kami bilang begitu karena lawan kami bukan sembarang tim futsal. SMA Bhayangkari A ini adalah tim terbaik se-Asia Timur Agak Ke Selatan Sedikit (*bohong), yang berarti tim terbaik pula sejagat borneo. Kami tempuh perjalanan melewati 4 dusun, hanya untuk menunjukkan kami bukan pecundang sejati: orang2 yang takut bahkan sebelum pertandingan berlangsung. Dari awal tagline Kemponan FC sudah jelas: "accept all challenges". Kalah menang bukan masalah, yang penting main bagus.

Skor akhir memang agak memalukan bila dipublikasikan di sini. Yang kami ingat hanyalah kami cuma bisa mencetak 5 angka. Masing-masing dari sundulan Om Sulis, gocekan Jojo, kaki Fajar, tendangan Ari Galon, dan terakhir saya sendiri memanfaatkan tendangan bebas. Berapa angka yang bisa dicetak SMA Bhayangkari A? Hmm... Bayangkan saja setiap 3 menit 49 detik sekali, gawang kami kebobolan. Nah, kira-kira itulah dia skornya. Terima kasih untuk Chandra, Deni, Dino, Fahmi, Fajar, Ari Galon, Bagong, Om Sulis, Nongnong Mammud, dan Jojo. Tiada kesan tanpa kehadiran Anda semua.

Sebagai penutup, berikut kami lampirkan skrip rekaman pembicaraan antar pemain sesaat sebelum kami pulang.
Saya : (ngitung duit) Weleh! Duitnya kurang, Bro!
Ari Galon : Coba diitung lagi... Tadi berapa orang yang maen?
Saya : Aku berdua Chandra aja 15rebu, sisanya gak jelas ke mana nih?!
Bagong, Fajar, Ari Galon, Jojo : (hampir serentak) Aku udah!
Mammud : Emang kurang berapa?
Saya : (ngitung lagi lebih teliti) Tujuh rebu lima ratus!
Kakak penjaga lapangan : (bersiap-siap menelpon polisi)
Saya : Woi Ri! Pasti geng kau nih yang tak bayar..
Ari Galon : Mana bisa gitu! Semua kan udah bayar?
Saya : Ri! Aku tak mau masuk penjara boi! Kau cukupkan lah sisanya nih..
Ari Galon : Aku pun tak mau masuk penjara! Sekali masuk tak bisa buat SKCK! Macam.. Macam mana mau lamar kerja?? (hampir menangis)
Saya : (ngubek2 tas) nih ada dua rebu lagi nih.. (menyerahkan ke kasir) Tinggal dua rebu lima ratus kan Kak?
Fajar : Nih aku ada lima ratus!
(semuanya menatap Dino)
Fajar : Din, kau bayarkan lah dulu Din, tolong lah Din...
Dino : (mengeluarkan selembar lima ribuan)

Dan terselamatkanlah kami semua hari itu...

3 comments:

  1. waah...lumayan memalukan yaa ?!
    tp gak pa2...harus tetp semangat n pastinya mental ahrus dipupuk terus.
    o ya...diharapkan bagi temen2 yg gak pernah datang saat latihan tp selalu datang saat team bertanding untuk lebih disiplin, biar irama permainan team gak rusak.

    ReplyDelete
  2. Sory mas bowo lau kame dianggap dari slah satu pemain yg dak peduli dgan tim, maaf jga buat tmen2 smua,
    sbnr'y aku bkan dak mo maen tpi kbtlan kmrin aq lgi jalnin nazar puasa jdi lagi lmah2'y,,
    lau aq pksa'n main pun dk mgkin, psti maen aq dk bgus, kan stamina lgi lmes,
    aq dk enk bgt ama mas bowo "mas bowo maaf" dia dh rela jmput aq wlaupun rmh aq sngat minim kndaraan umun (oplet/angkot) lwat dpan rmh bhkan nyaris dk ada, tpi mas bowo org yg slalu stia mnjempt aq, mksh mas bowo tu jsa'y slama ini, maaf aq dk bsa blz apa2, biar allah sja yg blz kbaikan mas bowo,, qu hrap mas bowo dk kapok jmpt aq, gra2 skap aq yg mngecewkn mas bowo dan tim,
    jujur aq sdar tim psti dk ska dgan skap aq yg kmrin jadi skarang aq psrah klau kontrk aq d'KEMPONAN FC smpi d'sni (d'pecat) aq dk akn mslah tu dh mmang resiko bagi2 pma'n2 yg dk kyk kme. Tpi wlpun kme bkan tim kmponan qu hrap tmen2 smua msh mo jdi shbt aq,.

    ReplyDelete
  3. Wake up guys...kbrsamaan itu indah. Mnang-klh biasa, yg pntng kta berani lwn tim manapun. Yg blm smpt hdr saat lthan tlg diusahakan sebisa mngkn dtg wlau telat. Ok

    ReplyDelete